6 Ciri Tanda Janin Sehat Dalam Kandungan

akbidcipto.com – Mengenal ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama yakni hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Ciri-ciri ini bisa dikenali dari perubahan yang dinikmati oleh Bumil sendiri ataupun melewati pemeriksaan rutin yang dijalankan oleh dokter.

Sedangkan seluruh waktu kehamilan yaitu sama pentingnya, trimester pertama menjadi peristiwa yang istimewa sebab pada fase inilah beberapa besar organ tubuh bayi dalam kandungan mulai terwujud. Untuk menetapkan tumbuh kembang bayi dalam kandungan terjadi secara maksimal, ada sebagian ciri-ciri yang dapat Bumil kenali.

Mengenali ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama dapat menjadi salah satu metode untuk menetapkan tumbuh kembangnya maksimal. Tetapi, pemeriksaan secara terprogram ke dokter konsisten menjadi penentu kesehatan bayi dalam kandungan, sekalian skrining dini untuk mengantisipasi komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi.

Ini Ciri-Ciri Bayi Sehat pada Trimester Pertama

Ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama bukan cuma diamati dari ukuran bayi dalam kandungan atau perut Bumil yang membesar saja. Ada sebagian unsur lain yang juga menjadi pertimbangan dalam mengukur kesehatan bayi dalam kandungan.

Berikut ini yaitu ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama yang perlu Bumil kenali:

1. Tumbuh kembang bayi dalam kandungan yang tetap

Tiap-tiap bayi dalam kandungan mempunyai tumbuh kembang yang berbeda. Tetapi, bayi dalam kandungan trimester pertama dikatakan sehat apabila tumbuh kembangnya terjadi secara tetap. Situasi ini ditandai dengan penambahan panjang bayi dalam kandungan lebih dari 3 cm tiap bulannya.

Ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama juga diamati dari berat badan bayi dalam kandungan yang bertambah sekitar 680–900 gram dan ukuran kepala bayi dalam kandungan bertambah sekitar 1,3 cm tiap bulannya.

Kecuali itu, bayi dalam kandungan yang sehat akan memperlihatkan pertumbuhan dan perkembangan sel yang maksimal. Organ-organ penting, seperti jantung, otak, dan tulang belakang, serta tangan dan kakinya mulai terwujud dengan bagus.

Untuk menetapkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan, dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter kandungan, termasuk dengan pemeriksaan USG kalau dibutuhkan.

2. Detak jantung bayi dalam kandungan terdeteksi

Mendengar detak jantung bayi dalam kandungan ketika pemeriksaan USG mungkin menjadi peristiwa yang tak terlupakan bagi Bumil. Hal hal yang demikian menggambarkan bahwa bayi dalam kandungan berkembang dengan bagus pada trimester pertama.

Peristiwa ini biasanya diawali pada umur kehamilan 5 pekan dan idealnya detak jantung bayi dalam kandungan pada trimester pertama yaitu sekitar 90–170 per menit.

3. Gerakan bayi dalam kandungan terasa

Ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama bisa diamati dari gerakannya di dalam kandungan. Sedangkan tak seluruh Bumil dapat merasakannya, sebagian ibu hamil telah menikmati bayi dalam kandungan bergerak semenjak akhir trimester pertama atau ketika umur kehamilan menjelang pekan ke-13.

Gerakan kecil dari bayi dalam kandungan malah telah dapat sebagian Bunda rasakan pada ketika umur kandungan 8–9 pekan.

4. Peningkatan berat badan ibu hamil

Penambahan berat badan Bumil dapat menjadi indikator ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama. Tetapi, kebanyakan ibu hamil tak mengalami peningkatan berat badan yang terlalu banyak pada trimester pertama.

Seandainya Bumil mempunyai berat badan normal atau mempunyai IMT 18,5−24,9 sebelum kehamilan, peningkatan berat badan Bumil pada trimester pertama semestinya sekitar 0,5–1,8 kg.

5. Peningkatan hormon kehamilan

Ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama bisa diamati dari peningkatan kadar hormon kehamilan, khususnya human chorionic gonadotropin (hCG). Tingkat hCG paling tinggi yaitu ketika akhir trimester pertama, yang kemudian akan menurun secara berjenjang hingga akhir kehamilan.

Kecuali hormon hCG, peningkatan hormon progesteron dan estrogen juga yakni indikator keberhasilan perkembangan bayi dalam kandungan pada trimester pertama. Untuk mengenal kadar hormon kehamilan, Bumil bisa menjalani pemeriksaan hormon kehamilan, bagus di rumah sakit ataupun lab, ketika menjalankan pemeriksaan kehamilan rutin.

6. Tak ada pertanda-pertanda komplikasi kehamilan

Terdapat sebagian komplikasi kehamilan yang dapat terjadi pada trimester pertama, seperti keguguran, kehamilan ektopik, dan hiperemesis gravidarum. Situasi hal yang demikian biasanya ditandai dengan gejala perdarahan atau keputihan yang tak lazim, sakit perut yang tak tertahankan, muntah atau diare terus-menerus, serta demam.

Seandainya mendapati pertanda-pertanda ini, Bumil direkomendasikan untuk seketika memeriksakan diri ke dokter kandungan supaya dikasih penanganan yang cocok dengan keadaan Bumil.

Itulah ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat pada trimester pertama. Supaya bayi dalam kandungan selalu sehat, Bumil perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, daging, telor, dan biji-bijian. Pastikan Bumil mengolah makanan dengan metode yang sehat dan memasaknya hingga benar-benar matang.

Jangan lupa juga untuk senantiasa minum vitamin prenatal, terlebih suplemen asam folat, agar tumbuh kembang bayi dalam kandungan lebih maksimal. Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter guna menerima resep vitamin kehamilan yang cocok. Kecuali itu, lakukan olahraga rutin serta rehat yang cukup agar badan konsisten bugar dan kehamilan berjalan dengan lancar.

Apabila Bumil berharap menetapkan apakah bayi yang Bumil kandung telah memenuhi kriteria ciri-ciri bayi dalam kandungan sehat trimester pertama, lakukanlah pemeriksaan kandungan ke dokter. Pastikan juga Bumil menjalankan pemeriksaan cocok dengan jadwal yang direkomendasikan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *